Jumat, 15 Mei 2020

Doa Berbuka Puasa di Rumah Orang Lain Sesuai Ajaran Rasulullah

1 komentar:

  1. Doa Berbuka Puasa di Rumah Orang Lain Sesuai Ajaran Rasulullah

    Erna Martiyanti - umma
    + Ikuti
    Umat Islam akan menjalankan bulan Ramadhan 1441 Hijriyah di tengah pandemi virus corona yang menyebabkan Covid-19. Berbagai kegiatan ibadah diminta dilakukan di rumah, mulai dari salat fardu, salat Jumat, hingga salat Tarawih.



    Beberapa kebiasaan saat Ramadhan kemungkinan tidak bisa dilakukan. Seperti misalnya buka puasa bersama, salat Tarawih berjemaah di masjid atau musala, itikaf di masjid, dan lainnya.



    Bagi sahabat umma mungkin buka puasa bersama merupakan hal yang biasa dilakukan. Baik mengundang keluarga dan teman ke rumah atau mengadakan buka puasa bersama di luar rumah untuk bersilaturahmi.







    Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)



    Namun pada kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini hendaknya kegiatan tersebut diurungkan terlebih dahulu. Buka puasa bisa dilakukan hanya dengan keluarga inti saja, dalam rangka menjalankan physical distancing guna menekan penularkan Covid-19.



    Tetapi perlu diketahui juga oleh sahabat umma, saat menghadiri undangan buka puasa bersama kita bisa membalas kebaikan penjamu dengan mendoakannya.



    Berikut umma rangkum dari berbagai sumber doa yang bisa dipanjatkan untuk membalas kebaikan bagi seseorang yang menjamu buka puasa.



    Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika disuguhkan makanan oleh Sa’ad bin Ubadah, beliau mengucapkan:



    أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُونَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ الأَبْرَارُ، وَنَزَلَتْ عَلَيْكُمُ الْمَلائِكَةُ‎



    Latin: Afthoro 'indakumush shoo-imuuna wa akala tho'amakumul abroor wa shollat 'alaikumul malaa-ikah



    Artinya: "Orang-orang yang berpuasa berbuka di tempat kalian, orang-orang yang baik menyantap makanan kalian dan malaikat pun mendoakan agar kalian mendapat rahmat." (HR Abu Daud no. 3854 dan Ibnu Majah no. 1747 dan Ahmad 3//118. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).



    Doa diberi hidangan saat puasa ataupun di luar puasa



    Adapun doa ketika diberi hidangan oleh saudara muslim yang lain, baik ketika sedang puasa maupun di luar waktu puasa, maka kita juga dianjurkan mendoakan mereka. Sebagai wujud rasa terima kasih kita kepadanya. Di antara doa yang dianjurkan dibaca adalah:



    اللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي



    Latin: Allahuma ath’im man ath’ama-nii was-qi man –saqaa-nii



    Artinya, “Ya Allah, berilah makanan orang yang memberi aku makan dan berilah minum orang yang memberi aku minuman."



    Doa berbuka puasa di rumah orang lain



    Dalam sebuah riwayat: "Rasulullah pernah singgah di rumah bapakku maka kami suguhkan kepada beliau makanan dan adonan kurma gandum. Beliaupun memakannya. Kemudian disuguhkan kurma kering, beliaupun memakannya dan membuang biji dengan dua jari, telunjuk dan tengah."



    "Kemudian disuguhkan minuman dan beliau meminumnya. Setelah itu, beliau berikan ke samping kanannya. (setelah hendak pergi), ayahku memohon kepada beliau sambil memegang kekang tunggangan beliau: Berdoalah kepada Allah untuk Kami. Kemudian Nabi mendoakan:



    اللَّهُمَّ بَارِك لَهُم فِيمَا رَزَقْـــتَهُم وَاغْفِرْ لَهُم وَارحَمْهُم



    Latin: Allahuma baarik lahum fii-maa razaqtahum, wagh-fir lahum, war-ham-hum.



    Artinya: "Yaa Allah, berkahilah rizki yang Engkau anugerahkan kepada mereka, ampuni mereka, dan berikanlah rahmat kepada mereka."



    Tapi ingat ya sabahat umma, sebaiknya kita melakukan buka puasa bersama di rumah saja saat pandemi Covid-19 sesuai dengan anjuran pemerintah.

    BalasHapus

Kritik dan saran dari pembaca sangat berguna bagi kami demi perbaikan penulisan maupun isi dari blog ini.
silahkan isi komentar anda!